Motivasi pada perilaku konsumen



Pengertian motivasi konsumen
            Motivasi dalam bahasa inggris disebut motivation yang berasal dari bahasa latin movere yang berarti dorongan atau menggerakan (setiadi,2010). Menurut Dirgahunarso Singgih, motivasi atau upaya untuk memenuhi kebutuhan pada seseorang dapat dipakai sebagai alat untuk menggairahkan seseorang untuk giat untuk melakukan kewajiban tanpa harus diperintah atau diawasi (dalam zuhler,2012:76).
            Stephen P. Robbins (2003: 156) menyatakan bahwa motivasi sebagai proses yang menyebabkan intensitas ( intensity ), arah (direction), dan usaha terus menerus ( persistence) individu menuju pencapaian tujuan.
            Menurut  American Encyclopedia, motivasi adalah kecenderungan (suatu sifat yang merupakan pokok pertentangan) dalam diri seseorang yang membangkitkan topangan dan tindakan. Motivasi meliputi faktor kebutuhan biologi dan emosional yang hanya dapat diduga dari pengamatan tingkah laku manusia (dalam setiadi,2010).
            Jadi, secara keseluruhan motivasi dapat diartikan sebagai pemberdaya,  penggerak yang menciptakan kegairahan seseorang agar mereka mau bekerja sama, bekerja efektif, dan terintegrasi dengan segala upayanya untuk mencapai kepuasan (setiadi,2010).
            Perilaku yang termotivasi diprakarsai pengaktifan kebutuhan atau pengenalan kebutuhan. Kebutuhan atau motif diartikan ketika ada ketidakcocokan yang memadai antara keadaan aktual dengan keadaan yang diinginkan. Karena ketidakcocokan ini meningkat, hasilnya adalah pengaktifan suatu kondisi  penggairahan yang diacu sebagai dorongan (drive). Semakin kuat dorongan tersebut, maka semakin besar pula urgensi respon yang dirasakan.
            Menurut Setiadi (2010), konsumen selalu dihadapkan pada persoalan biaya atau pengorbanan yang akan dikeluarkan dan seberapa penting produk yang dibutuhkan dan diinginkan. Oleh karena itu, konsumen akan dihadapkan pada  persoalan motivasi atau pendorong. Motivasi konsumen adalah keadaan di dalam  pribadi seseorang yang mendorong keinginan individu untuk melakukan kegiatan guna mencapai suatu tujuan.
Tujuan Motivasi Konsumen
Menurut Nugroho J.Setiadi (2010), motivasi kosumen bertujuan:
A.    Meningkatkan kepuasan.
B.     Mempertahankan loyalitas.
C.     Efisiensi
D.    Efektivitas.
E.     Menciptkan suatu hubungan yang harmonis antara produsen atau penjual dan pembeli atau konsumen.
Motivasi konsumen yang dilakukan oleh produsen sangat erat sekali  berhubungan dengan kepuasan konsumen (consumer statisfaction) untuk itu  perusahaan selalu berusaha untuk membangun kepuasan konsumen (consumer  statisfaction development ) dengan berbagai cara, diantaranya:
      1.            Mengetahui nilai yang didapat oleh konsumen.
      2.            Meningkatkan penawaran dengan 3 cara:
a.       Meningkatkan tata nilai konsumen (perbaikan manfaat dan pelayanan).
b.      Menurunkan biaya non moneter (tenaga kerja dan waktu).
c.       Menurunkan biaya moneter (bahan baku, produksi dan pengiriman).
      3.            Meningkatkan harapan dan memenuhi harapan konsumen.
Asas asas Motivasi Konsumen
Motivasi mengandung beberapa asas-asas, diantaranya adalah:
A.    Asas mengikutsertakan, berusaha untuk memberikan kesempatan kepada konsumen untuk mengajukan ide-ide, rekomendasi dalam proses pengambilan keputusan.
B.     Asas komunikasi, maksudnya menginformasikan secara jelas tentang tujuan yang ingin dicapai cara mengerjakannya, dan kendala yang dihadapi.
C.     Asas pengakuan, maksudnya memberikan penghargaan dan pengakuan yang tepat serta wajar konsumen atas prestasi yang dicapainya.
D.    Asas wewenang yang didelegasikan, maksudnya adalah memberikan kebebasan konsumen untuk mengambil keputusan dan berkreativitas sebebas-bebasnya tapi masih ada aturan yang membatasi.
E.     Asas perhatian timbal balik, adalah memotivasi para konsumen dengan mengemukakan keinginan atau harapan perusahaan disamping berusaha memenuhi kebutuhan yang diharapkan konsumen dan produsen.
Jadi kesimpulannya bahwa asas motivasi yang diterapkan harus dapat meningkatkan produktivitas pembelian dan memberikan kepuasan kepada konsumen.
Motivasi dan kebutuhan manusia (konsumen)
Manusia pada dasarnya mempuyai banyak kebutuhan. Kebutuhan sendiri adalah suatu pembatas antara apa yang diharapkan dengan apa yang terjadi sebenarnya. Kebutuhan muncul karena konsumen merasakan ketidaknyamanan (state of tension) antara yang seharusnya dirasakan dan yang sesungguhnya dirasakan. Adapun faktor-faktor yang mendorong munculnya kebutuhan tersebut, yaitu:
a.       Faktor Dalam (biologis & fisiologis): seperti rasa lapar dan haus
b.      Faktor Luar (lingkungan): seperti aroma makanan
Abraham Maslow mengeluarkan teori motivasinya yang terkenal yaitu Maslow’s Hierarchy of Needs. Dalam teori tersebut, Maslow memberikan lima motivasi utama seseorang melakukan sesuatu, dalam bentuk hirarki. Hirarki kebutuhan mengikuti teori jamak yakni seseorang berperilaku, karena adanya dorongan untuk memenuhi bermacam-macam kebutuhan. Kelima motivasi tersebut adalah:
1.      Physiological Needs, meliputi kebutuhan jasmani, seperti lapar, haus, kebutuhan tempat tinggal dan kebutuhan istirahat.
2.      Safety Needs, misalnya keamanan dan proteksi.
3.      Social Needs, seperti dihormati, berteman dan rasa memiliki.
4.      Esteem Needs, adalah kepuasan pribadi, pengakuan dan status.
5.      Self-Actualization Needs, yaitu pengembangan pribadi dan realisasi.



Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ordered List

  1. Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.
  2. Aliquam tincidunt mauris eu risus.
  3. Vestibulum auctor dapibus neque.

Sample Text

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua.

Ut enim ad minim veniam, quis nostrud exercitation test link ullamco laboris nisi ut aliquip ex ea commodo consequat.

Definition List

Definition list
Consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua.
Lorem ipsum dolor sit amet
Consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua.

Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.

Pages